Senin, 07 November 2016

BUNDA MARIA


Image result for bunda maria       Bunda Maria adalah Bunda Yesus Kristus. Ia memiliki seorang suami bernama Yusuf. Ia mengandung Yesus atas karunia Roh Kudus. Ia mendapat kabar gembira tersebut dari Malaikat Gabriel yang diutus oleh Allah. Dalam ajaran Agama Katolik Bunda Maria merupakan panutan bagi seluruh Umat yang ada di dunia. Bunda Maria meruapakan orang yang selalu setia menemani Putra-Nya Yesus Kristus baik suka maupun duka hingga akhir hayatnya. Devosi terhadap Bunda Maria dapat berupa doa rosario dan novena 3 kali Salam Maria.

 Bunda Maria dipilih dan dirahmati secara khusus oleh Allah, untuk melahirkan Putera-Nya. Rahmat yang diperoleh Maria semata-mata karena jasa Yesus Kristus.Maria mengambil bagian secara penuh dalam karya keselamatan Allah bagi manusia, karena melalui dialah, Juruselamat dilahirkan. Karenanya ia menjadi Bunda Allah sekaligus sebagai Bunda Gereja, sebagai ibu yang mempunyai rasa cinta yang besar terhadap Gereja. Kelembutan hati dan kedekatannya kepada Allah, membuat dia menjadi tempat bagi kita anak-anaknya untuk datang memohon bantuan melalui doa-doanya. 

         Ketaatannya yang sempurna kepada kehendak Allah menjadikan dia (Maria) sangat berkenan di hadapan Allah, sebagai ciptaan yang paling luhur dan sempurna.Imannya yang penuh penyerahan membuat dia sebagai tokoh terbesar dalam Gereja yang patut diteladani. Namun bagaimana pun tingginya derajat Maria, ia tidak dapat disamakan dengan Allah Tritunggal sebagai Pencipta. Ia berada jauh di bawah Allah, sebab dia hanyalah ciptaan Allah sama seperti kita, tetapi ia dilindungi secara khusus, sehingga ia hidup tanpa dosa. Ia tetap perawan.Oleh karena itu, Maria tidak dapat disembah, hanya dihormati sebagai insan Allah, yang mempunyai peranan penting dalam sejarah keselamatan umat manusia.

        Hanya Allah sajalah yang patut disembah.Karenanya, ibadat kepada Maria harus ditempatkan sebagaiman mestinya sesuai dengan ajaran Gereja.Ibadat atau cinta kepada Maria harus bersifat sekunder, sedangkan ibadat atau cinta kepada Allah harus bersifat primer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar